Ahmad Hidayat Ahmad loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Pesona Air Terjun Sri Gethuk Gunungkidul Jogja

2 min read

air-terjun-sri-gethuk

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-4407253969897586", enable_page_level_ads: true });

Air terjun Sri Gethuk adalah salah satu tempat wisata baru di jogja yang sangat terkenal. Dengan parasnya yang begitu indah, air terjun Sri Gethuk mampu menghipnotis para wisatawan yang berkunjung. Mereka bilang, air terjun Sri Gethuk adalah Grand Canyon– nya Jogja.

Kalau kamu pergi ke daerah utara Arizona, Amerika Serikat, kamu bisa berwisata di Grand Canyon yang sangat terkenal itu. Tapi kalau kamu pengen yang lebih dekat, datanglah ke jogja.

Grand Canyon Ala Jogja

Air Terjun Sri Gethuk adalah solusi terbaik untuk kamu. Antara Grand Canyon dengan Air Terjun Sri Gethuk memiliki kemiripan, Grand Canyon merupakan aliran sungai Colorado yang diapit oleh tebing-tebing terjal, begitu juga ketika kamu akan berwisata ke air terjun Sri Gethuk, kamu bisa menyusuri Sungai Oya (Kali Oya) yang juga diapit oleh tebing-tebing yang cukup terjal.

Air terjun Sri Gethuk berada di kabupaten Gunungkidul, sebuah kabupaten di jogja yang banyak perbukitannya, Gunungkidul memang terkesan kekurangan air dan gersang, hal ini memang iya di sebagian daerah.

Tapi, ada banyak juga lho daerah di Gunungkidul yang cukup subur, banyak air, dan sangat nyaman dikunjungi, salah satunya adalah di daerah di mana air terjun Sri Gethuk ini berada.

Sungai oya yang mengalir melewati Air Terjun Sri Gethuk tersebut juga tak pernah kering, mau musim apapun tak pernah kering, selalu saja teraliri air yang bersih kehijau-hijauan, hal ini juga yang menjadikan Sri Gethuk semakin menarik untuk dikunjungi.

Kalau kamu wisata ke jogja, jangan pernah melupakan air terjun yang satu ini! Sayang banget kalau dilewatkan.

Mitos Air Terjun Sri Gethuk

Menurut warga sekitar, daerah di mana air terjun Sri Gethuk berada adalah tempat yang cukup angker, dikatakan banyak sekali sarang makhluk halus di sana, dan pemimpin dari kalangan makhluk halus tersebut bernama Anggo Menduro.

Makhluk halus yang tinggal di air terjun tersebut dikatakan sangat menyukai kesenian, terutama musik gamelan. Pada waktu-waktu tertentu, masyarakat sekitar sering mendengar suara gamelan dari arah lokasi air terjun Sri Gethuk, ketika suara tersebut didekati, suaranya seketika menghilang.

Baca: Curug Paniisan, Mata Air Kedamaian Ujung Kulon

Asal usul penamaan Sri Gethuk juga erat kaitannya dengan makhluk halus yang tinggal di sana, kata-kata Sri Gethuk diambil dari kata kethuk, kethuk merupakan alat musik yang dimainkan oleh makhluk halus di sana.

Nah lo, serem kagak? 😀 tapi jangan takut ya, udah biasa itu. Selama kamu tidak melakukan hal-hal yang buruk, kamu tidak akan kenapa-napa, semisal kamu diganggu atau melihat penampakan, anggep aja itu pengalaman wisatamu, anti-mainstream kan?

Harga Tiket

  • Harga tiket masuk Rp.3.000,- per orang.
  • Harga sewa perahu Rp. 5.000,- per orang.
  • Harga sewa ban untuk berenang Rp. 2.000,- per ban.
  • Jaket pelampung Rp. 5.000,- per jaket

*Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi & Akses

Air terjun Sri Gethuk berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk sampai di lokasi wisata Sri Gethuk, kamu bisa lewat Jalan Wonosari-Jogja. Jika kamu dari pusat kota jogja, langsung saja menuju Jembatan Janti, kemudian kearah selatan lewat jalan Janti tembus Jalan Ringroad Timur, sampai diperempatan pertama belok kiri dan disitu kamu sudah sampai di jalan wonosari-jogja, kamu tinggal ikuti jalan tersebut hingga sampai pertigaan Gading. Di pertigaan gading, kamu belok kanan kemudian melewati jalan tumpak playen.

Selain lewat jalan wonosari-jogja, kamu juga bisa lewat imogiri sebagai alternatifnya, lihat peta di atas.

Fasilitas Tersedia di Air Terjun Sri Gethuk

Fasilitas yang tersedia di lokasi masih sangat minim mengingat objek wisata Sri Gethuk ini baru saja dibuka belum lama. Di lokasi sudah tersedia perahu tradisional untuk menyusuri sungai, juga ban untuk berenang. Tersedia pula toilet untuk keperluan anda seperti buang air, membersihkan diri, dan sebagainya. kalau kamu lapar, ada warung untuk mengisi perut kamu, tersedia masakan tradisional seperti pecel, tiwul, dan makanan tradisional lainnya.

Jangan lupa, bawa perlengkapan-perlengkapan pribadi untuk menjaga kesehatan dan keamana kamu ketika berwisata di sana.

Tempat Wisata Terdekat

Kalau kamu sudah puas bermain-main di air terjun Sri Gethuk dan puas menikmati keindahannya, jangan lupa mampir di tempat-tempat wisata terdekat. Berikut ini tempat wisata yang dekat dengan Sri Gethuk:

  • Puncak Tri Panjung. Berjarak kurang dari 100 meter, dan berlokasi di Dodogan, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.
  • Goa Rancang Kencono. Berjarak sekitar 0,8 KM dari Sri Gethuk, dan berlokasi di Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.
  • Air Terjun Lepo. Berjarak sekitar 2 KM dari Sri Gethuk, berlokasi di Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.
  • Air Terjun Randusari. Berjarak 2,7 KM dari Sri Gethuk, berlokasi di Rejosari, Jatimulyo, Dlingo, Bantul, Yogyakarta.

Penginapan Terdekat

Wisma Wanagama

  1. Jumlah kamar: 32 kamar
  2. Jarak: Sekitar 5 KM dari air terjun Sri Gethuk
  3. Alamat : Playen,Telp (0274) 394407

Itu adalah ulasan tentang wisata alam air terjun Sri Gethuk yang berlokasi di Gunungkidul, Yogyakarta. Kamu tertarik? Mari berkunjung..

Ahmad Hidayat
Ahmad Hidayat Ahmad loves to write, trying to help people to understand about website, web hosting, and online marketing in the most convenient way.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *